Mengenal AI yang Memudahkan Pencarian Kandidat Pekerja

Memiliki pekerja yang kompeten dalam sebuah perusahaan tentunya adalah hal yang sangat penting. Dari ratusan bahkan ribuan kandidat yang melamar suatu posisi di perusahaan tentunya perlu disaring lagi untuk benar-benar mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria.

Meskipun terdengar melelahkan, untungnya saat ini sudah ada teknologi terbaru sehingga mencari kandidat pekerjaan menjadi lebih mudah. Teknologi Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang akan memudahkan pencarian kandidat pekerja. Aplikasi rekrutmen berbasis teknologi AI bukan hanya solusi andal untuk menyeleksi resume kandidat, tetapi juga berpotensi menggantikan peran manusia dalam wawancara.

Beberapa perusahaan saat ini telah melibatkan sistem AI untuk membantu menilai respons kandidat secara objektif. Sesi wawancara direkam, lalu sebuah perangkat lunak akan menganalisis kata, kalimat, ekspresi, dan intonasi suara kandidat menggunakan algoritma, untuk menilai karakter kandidat apakah cocok dengan peran yang dibutuhkan perusahaan.

Apa itu AI?

AI atau kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang diprogram untuk membuat keputusan berdasarkan data. Sistem ini dikembangkan dengan algoritma yang meniru cara kerja otak manusia memproses data dalam membuat keputusan.

Penggunaannya Untuk Proses Rekrutmen

AI dirancang untuk menyingkat alur rekrutmen dan mengotomatiskan pekerjaan yang sifatnya rutin, berulang, dan dalam volume yang besar. AI dapat membuat proses sourcing, screening, dan shortlisting kandidat lebih efisien secara otomatis hanya dengan menghubungkannya ke sistem pelacakan pelamar (ATS).

Machine Learning untuk aplikasi rekrutmen merupakan software yang dapat memproses data dan mempelajari pengalaman. Semakin sering diberi banyak data, maka sistem AI akan meningkatkan kemampuannya sendiri dan akan semakin baik pula dalam membuat keputusan.

Manfaatnya

Adanya hiring tools dengan teknologi AI akan memberikan banyak manfaat dalam proses rekrutmen. Beberapa diantaranya adalah:

Meningkatkan Efisiensi Proses Rekrutmen

Seperti diakui mayoritas perekrut, bagian paling sulit dalam rekrutmen adalah mengidentifikasi kandidat yang tepat dari volume lamaran yang besar. Proses ini memakan waktu lebih banyak lagi jika tiga perempat pelamar merupakan kandidat yang tidak memenuhi kualifikasi.

Algoritma komputer melakukan auto-screening terhadap ratusan bahkan ribuan resume secara cepat, membuat pemeringkatan dan shortlisting, serta menjadwalkan wawancara dengan kandidat.

Ini jauh lebih cepat dibandingkan jika dilakukan oleh manusia yang mungkin menghabiskan waktu berminggu-minggu. Sebagai contoh, penyaringan dan pemilihan kandidat ke dalam daftar wawancara secara manual menghabiskan waktu sekitar 23 jam per kandidat.

AI membuat otomatisasi tugas dan mengurangi waktu rekrutmen, sehingga perusahaan tidak akan kehilangan kandidat hebat.

Meningkatkan Efektivitas Perekrutan

AI memiliki kemampuan menggunakan data untuk menstandarkan pencocokan keterampilan dan pengalaman kandidat dengan persyaratan pekerjaan. Proses ini dapat menghasilkan karyawan yang lebih bahagia dan produktif serta lebih kecil kemungkinannya untuk keluar. Artinya, perusahaan dapat menekan turnover karyawan dan mengurangi biaya.

Selain itu, AI mengurangi bias dalam seleksi, misalnya dengan menyembunyikan identitas nama, umur, dan jenis kelamin, dan hanya mencocokkan berdasarkan syarat-syarat kualifikasi dalam job description. Sehingga, rekrutmen menghasilkan karyawan yang beragam dan berkualitas.

Proses sourcing AI juga sangat andal menggunakan data terbuka atau informasi yang dibagikan kandidat di platform online, dan menemukan kandidat pasif yang paling cocok dengan peran yang dibutuhkan.

Jika Anda membutuhkan trusted hiring tools maka Shortlyst adalah jawabannya. Mengapa harus shortlyst? Shortlyst dapat memberikan 600 juta lebih profil kandidat yang bisa diakses dari seluruh dunia. Dapat diintegrasikan ke berbagai platform mulai dari linkedin, hingga nantinya akan mampu terintegrasi ke Slack, email, WhatsApp, dll. Menggunakan teknologi AI yang cerdas dan efisien. Fitur-fitur yang mendukung (proses perekrutan dilakukan layaknya bekerja dalam tim, bisa saling tag antara kandidat dan rekruter, dan fitur-fitur lain yang memudahkan proses perekrutan). Harga sangat terjangkau, mulai dari 23 USD, atau hanya 5% dari harga software serupa yang disediakan LinkedIn. Jadi tunggu apa lagi? Segera mudahkan pencarian kandidat pekerja dengan Shortlys sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *