Rekomendasi Jajanan Tradisional Khas Surabaya untuk Oleh Oleh

Siap berburu oleh-oleh saat liburan di Surabaya ketika pandemi usai? Ingat, tetap perhatikan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, membawa hand sanitizer, dan mengecek suhu tubuh, ya.

Kota Surabaya di Jawa Timur dikenal mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Setelah menghabiskan waktu di Surabaya, wisatawan bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai makanan di rumah atau kenang-kenangan.

Berikut oleh oleh khas Surabaya yang bisa kamu borong:

1. Lapis Kukus Pahlawan

Lapis Kukus Pahlawan lahir di Kota Pahlawan dan bertepatan dengan hari Pahlawan di tahun 2015, yang hadir dengan produk bercita rasa khas. Terbuat dari tepung singkong berpadu dengan berbagai bahan pilihan terbaik, Lapis Kukus Pahlawan memiliki citarasa yang nikmat dan berbeda. Diolah dengan menggunakan mesin yang berteknologi tinggi, tekstur Lapis Kukus Pahlawan sangat lembut, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi segala usia.

Semua produk Lapis Kukus Pahlawan telah bersertifikat halal dan terdaftar di BPOM sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Lapis Kukus Pahlawan saat ini memiliki total 9 varian rasa dengan berat bersih 500gr untuk kemasan regular dan 250gr untuk kemasan mini.

Sedangkan ada 4 varian rasa Almond Tart yang tersedia dalam 2 jenis kemasan, regular isi 6 buah dan mini isi 4 buah. Semua varian rasa Lapis Kukus Pahlawan antara lain, Lapis Kukus Pahlawan Original, Lapis Kukus Pahlawan Chocopandan, Lapis Kukus Pahlawan Blackforest, Lapis Kukus Pahlawan Red Velvet dan Lapis Kukus Pahlawan Kopi Susu Gula Aren

Kemudian Lapis Kukus Pahlawan Strawberry, Lapis Kukus Pahlawan Terang Bulan, Lapis Kukus Pahlawan Es Teler, Lapis Kukus Pahlawan Choco Cookies, Almond Tart Original, Almond Tart Keju, Almond Tart Coklat, dan Almond Tart Abon

Lapis Kukus Pahlawan mampu bertahan di suhu ruang hingga 4 hari dan jika disimpan di lemari pendingin bisa tahan sampai 7 hari. Sedangkan daya tahan Almond Tart lebih lama yaitu sampai 14 hari suhu ruang. Semua produk Lapis Kukus Pahlawan dapat didapatkan melalui toko resmi, toko mitra resmi, CS melalui WhatsApp 08111530058, dan di berbagai marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

2. Kue lumpur

Makanan khas Surabaya pertama yang menjadi rekomendasi berbuka puasa adalah kue lumpur. Kue ini merupakan jajan tradisional dengan cita rasa yang tinggi. Tak mengherankan, kue lumpur digemari oleh warga Surabaya. Kue lumpur memiliki bentuk bundar dengan tekstur lembut seperti lumpur. Kue lumpur juga mempunyai aroma pandan vanili dengan hiasan kismis di atasnya.

3. Klanting

Jajanan khas Surabaya yang bisa dijadikan takjil berbuka puasa berikutnya adalah klanting. Melansir dari repository.dinamika.ac.id, makanan ini terbuat dari tepung tapioka. Klanting mempunyai rasa hambar tetapi dalam penyajiannya, makanan ini dihidangkan bersama parutan kelapa dan gula merah sehingga rasa klanting menjadi manis dan gurih. Panganan ini mempunyai tampilan unik karena warnanya yang beragam, seperti merah, kuning, dan hijau.

4. Kue Jokong

Melansir dari Jurnal E-Boga edisi 2013, kue jokong merupakan jajanan tradisional khas Surabaya yang bisa dijadikan menu takjil selanjutnya. Berbahan dasar tepung beras, tepung tapioka, gula, dan santan, kue jokong memiliki rasa manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jokong memiliki warna hijau dari daun suji dan warna hitam dari daun klaras. Proses pembuatan kue jokong adalah dengan di kukus secara berlapis-lapis.

5. Cara bikang

Cara bikang merupakan kue tradisional dengan bahan baku utama tepung beras. Kue cara bikang memiliki bentuk yang unik, yakni bunga mereka dan diberi warna. Kue ini cocok dijadikan sebagai takjil berbuka puasa karena rasanya manis dengan teksur lembut dan berserat. Kue ini dibuat dengan cara dipanggang menggunakan cetakan khusus untuk kue cara bikang.

6. Kue Mete

Kue yang terbuat dari tepung, mentega, garam, telur, gula, minyak nabati, dan bahan utamanya mente atau mete ini dicetak bentuk bulat dan pipih. kue ini punya rasa yang enak dan lembut apabila masuk ke dalam mulut.

Di bawah kue ini terlihat gosong, namun tidak memiliki rasa pahit. Kenikmatannya makin terasa saat menggigit bagian tengah kue ini yang berisi mete.

Kalau mau membelinya, ada satu merek yang cukup terkenal yakni Wisata Rasa. Silakan tanya Arek-arek Suroboyo di mana kamu bisa mendapatkan itu.

7. Jenang dan Sirup Mangrove

Makanan dan minuman yang satu ini terdengar tidak biasa. Karena kedunya baik jenang maupun sirup berasal dari bunga mangrove. Ini hasil buah tangan para petani di Jalan Sonnetaria yang mengubahnya menjadi hidangan lezat.

Jenang mangrove ini berwarna cokelat dengan tekstur kenyal dan rasa legit. Jenang biasanya dibungkus dengan pelepah pisang kering. Untuk sirup mangrove, rasanya cenderung asam manis dan segar saat disajikan dingin. Sirup ini dipercaya mengandung vitamin A dan C serta yodium juga antioksidan yang baik bagi tubuh.

8. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk yang berasal dari wilayah pesisir Kenjeran ini menjual aneka kerupuk. Harganya berkisar dari Rp10-Rp80 ribu untuk ¼ kilogram. Ada krupuk ikan terung, tripang, tenggiri, udang, Lorjuk, layur, teri, pari krupuk ikan kakap, keripik gerinting udang, keripik layur, keripik ikan paus dan masih banyak yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *